Senin, 25 November 2013

Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke 49

 Bertempat di Halaman Dinas Kesehatan Kota Jambi, Senin (25/11), berlangsung kegiatan upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke 49. Upacara tersebut langsung dipimpin oleh Walikota Jambi H. Syarif Fasha, ME. Hadir dalam upacara tersebut Ketua TP PKK Kota Jambi Hj. Yuliana Fasha, SE, M.Si.Ak, Kepala Jamsostek Cabang Jambi, serta beberapa pejabat di lingkup Pemerintah Kota Jambi.
Dalam sambutan Menteri Kesehatan Republik Indonesia yang disampaikan oleh Walikota Jambi dijelaskan bahwa tema utama Hari Kesehatan Nasional (HKN) periode 2010 - 2014 adalah Indonesia Cinta Sehat. Tema yang inspiratif ini dipilih untuk menggerakan segenap komponen bangsa guna mencapai Hidup Sehat, dimana sub tema nya yakni Menuju Indonesia Sehat dan Jaminan Kesehatan Nasional Yang Bermutu, untuk memaknai dimulainya pelaksanaan jaminan kesehatan Nasional pada 1 Januari 2014 suatu tonggak sejarah menuju masyarakat Indonesia yang sehat, mandiri dan berkeadilan.

Untuk saat ini, sebanyak 2186 Rumah Sakit, 9599 Puskesmas, 23.225 Puskesmas Pembantu, 54.708 Poskesdes dan 276.688 Posyandu telah tersebar di seluruh Indonesia untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat. Meskipun demikina, dari waktu ke waktu Pemerintah khususnya Kementerian Kesehatan terus berusaha meningkatkan akses masyarakat pada pelayanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu untuk menghapuskan disparitas antar wilayah, antar kelompok masyarakat, dan antar tingkat sosial ekonomi.

Selain itu, saat ini sudah sebanyak 177,84 juta (72%) penduduk Indonesia telah mempunyai jaminan kesehatan, termasuk masyarakat miskin dan tidak mampu. Kelak dengan dimulainya pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional tahun 2014, cakupan penduduk yang mempunyai jaminan kesehatan akan diperluas dan pada tahun 2019 akan tercapai jaminan kesehatan semesta, dimana seluruh penduduk Indonesia akan mempunyai jaminan kesehatan.

 
Pada Upacara tersebut juga dilakukan penyerahan kepada pemenang lomba bidang pemberdayaan kesehatan masyarakat Tingkat Kota Jambi 2013, dimana kategori yang dilombakan yakni, Dokter Kecil Berprestasi yang dimenangkan oleh Eillen Monica dari SDK Bina Kasih, Lomba Posyandu Berprestasi yang dimenangkan oleh Posyandu Kakaktua Kelurahan Paal Lima, Lomba Kelurahan ber PHBS yang dimenangkan Kelurahan Selamat dan Lomba Posyandu Usila berprestasi yang dimenangkan Posyandu usila Kamboja Kelurahan Talang Banjar. Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan penyerahan 1 (satu) unit mobil Ambulance dari PT. Jamsostek kepada Walikota Jambi untuk digunakan / dioperasionalkan di Rumah Sakit Abdul Manap Kota Jambi.

Setelah berlangsungnya kegiatan Upacara, Walikota Jambi langsung mengadakan tatap muka dengan seluruh jajaran Dinas Kesehatan Kota Jambi. Pada tatap muka tersebut Walikota Jambi menyampaikan tentang visi misinya terutama pada bidang kesehatan, disamping itu Walikota juga sangat menekankan mengenai kedisiplinan pegawai, baik itu disiplin waktu maupun disiplin kerja pegawai. (wsl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar