Senin, 25 November 2013

Pembukaan Pelatihan dan Perekrutan TAGANA

Wakil Walikota Jambi Drs.H.Abdullah Sani, M.Pdi membuka secara resmi kegiatan pelatihan dan perekrutan anggota Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Kota Jambi Tahun 2013 di Aula Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Jambi, Senin (25/11). peran Pelatihan dan Perekrutan Tagana sangatlah penting, selain untuk penanggulangan bencana, saat bencana, dan juga pada saat Pasca Bencana.
Dalam sambutannya, Wakil Walikota Jambi menjelaskan bahwa berbagai upaya yang dilakukan untuk antisipasi terhadap datangnya bencana, maka berbagai upaya dilakukan yaitu dengan kesiapan fisik maupun mental. Sehingga jika terjadi bencana, warga masyarakat sudah memiliki pemahaman dan pengetahuan dalam upaya penyelamatan diri, dan evakuasi terhadap warga lainnya."Kegiatan ini merupakan salah satu cara meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa upaya mengurangi resiko harus dilakukan mengingat besarnya kerugian akibat kejadian setiap bencana, seperti Penanggulangan Bencana oleh Tagana", ujar Wawako.

Wakil walikota juga menghimbau, sebagai penggerak potensi penanggulangan bencana berbasis masyarakat, khususnya di desa dan kelurahan, Tagana harus mempunyai kemampuan dan keahlian serta menguasai manajemen kebencanaan, baik secara konseptual maupun teknis. Secara konseptual berarti penguasaan pengetahuan tentang manajemen kebencanaan yang berlaku secara universal. Secara teknis berarti anggota Tagana harus memiliki : Kemampuan menganalisa situasi, kemampuan melakukan pendataan tentang potensi bencana dan sumber, kemampuan melakukan komunikasi verbal dan non verbal, melakukan/memberikan pertolongan dan perlindungan bagi korban bencana, kemampuan penggunaan alat serta kemampuan melakukan rujukan.

Diakhir sambutannya Wakil Walikota meminta kepada seluruh peserta Anggota Tagana, untuk dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan baik dan serius namun santai, agar tidak merasa terbebani. "Jadikanlah kegiatan ini, sebagai ajang penempaan diri agar seluruh Anggota Tagana Kota Jambi yang dibanggakan ini, senantiasa dapat memberikan pelayanan yang terbaiknya", pungkas Wawako. (wsl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar