Selasa, 12 November 2013

Pemberdayaan Kelompok Tani Anggrek Kota Jambi

Bertempat di Gedung Balai PKK Kota Jambi, Selasa (12/11), berlangsung kegiatan Acara Pertemuan Pemberdayaan Kelembagaan Kelompok Tani Anggrek Kota Jambi, serta Pembentukan Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) cabang Kota Jambi tahun 2013. Acara tersebut dihadiri oleh Ketua TP PKK Kota Jambi Hj. Yuliana Fasha, Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Kehutanan Kota Jambi, serta para Kepala SKPD terkait lainnya hingga Camat, Lurah dan Ibu - ibu Kelompok Tani Anggrek Kota Jambi.
Ketua TP PKK Kota Jambi dalam sambutannya menyampaikan bahwa Dalam upaya peningkatan pendapatan keluarga, Pemerintah telah banyak mencanangkan program - program pembangunan yang kesemuanya itu bermuara pada upaya peningkatan pendapatan keluarga. Namun kesemua program yang diciptakan tersebut tidak serta merta dapat meningkatkan pendapatan keluarga, dan setelah dianalisa dan dievaluasi, Pemerintah menyadari bahwa dari kesemua sasaran pelaksanaan program tersebut tidak akan berjalan lancar apabila tidak didukung oleh sarana dan prasarana infrastruktur yang masih rendah.

 
Oleh karena itu, sebagai salah satu alternatif pemecahan masalah dalam upaya peningkatan pendapatan keluarga dirancanglah suatu program inovatif yang disebut Program Peningkatan Produksi, Produktivitas dan Mutu Produk Hortikultura Berkelanjutan, program ini merupakan salah satu dari pelaksanaan Program Pemanfaatan Lahan Perkarangan yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat. Untuk mengawal dan menjamin pelaksanaan program ini agar tidak lari dari tujuan dan sasaran, Pemerintah menyediakan pendamping dari Dinas Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Kehutanan Kota Jambi berupa kegiatan evaluasi dan monitoring.

Ditambahkan lagi, pada program ini pada dasarnya memiliki ruang lingkup pada 3 (tiga) bidang kegiatan, yaitu meliputi: 1. Bidang pengembangan kawasan Anggrek baru yang berada disekitar pemukiman masyarakat, 2. Bidang Pemberdayaan kelembagaan usaha dan, 3. Bidang fasilitasi sarana dan prasaran budidaya. Program ini merupakan perpaduan keinginan dan kebutuhan antara Pemerintah dan Masyarakat, hal ini ditandai dengan adanya dukungan masyarakat melalui mekanisme musyawarah dalam penentuan lokasi dan mekanisme pelaksanaan, transparansi melalui penyediaan media komunikasi dan informasi, bertanggung jawab dalam hal ketepatan sasaran, waktu, pembiayan mutu pekerjaan, serta adanya berkelanjutan yang ditandai dengan adanya pemanfaatan, pemeliharaan sarana infrastruktur secara mandiri.

 
Diakhir sambutannya, Ketua TP PKK Kota Jambi menghimbau kepada Bapak dan Ibu yang terlibat dalam kegiatan ini, agar dapat memanfaatkan sebaik - baiknya sehingga semua dapat mengetahui, memahami, serta selanjutnya dapat bertindak dalam upaya peningkatan pendapatan keluarga yang nanti pada akhirnya akan terwujud Kota Jambi sebagai Kota hijau dan indah yang berbasis agrobisnis dalam rangka mewujudkan Kota Jambi sebagai Kota Perdagangan dan Jasa yang Berbasis pada Masyarakat Berahlak dan Berbudaya.(wsl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar