Rabu, 24 Oktober 2012

TKPK Diharapkan Menjadi Leader Penanggulangan Kemiskinan.

Kota Jambi (Humas). Program Penanggulangan kemiskinan merupakan salah satu agenda nasional yang sangat penting dan strategis sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden No.15 Tahun 2010 Tentang Percepatan Panggulangan Kemiskinan.

Maka guna mewujudkan terlaksananya percepatan penanggulangan kemiskinan di Kota Jambi, Pemerintah Kota Jambi telah membentuk Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) melalui Surat Keputusan Walikota Jambi Nomor 22 Tahun 2012.
Tugas TKPK adalah melakukan koordinasi pelaksanaan penanggulangan kemiskinan dan melakukan pengendalian pelaksanaan penanggulangan kemiskinan di Kota Jambi.
Program penanggulangan  kemiskinan dikelompokkan menjadi 4 klaster yaitu : 1). Program Perlindungan Sosial yaitu penanggulangan kemiskinan dengan sasaran individu dan rumah tangga sangat miskin dalam bentuk Program Banatuan Siswa Miskin (BSM), Program Keluarga Harapan (OKH), Program Raskin dan Program Jamkesmas. 2). Penanggulangan kemiskinan berbasis komunitas/pemberdayaan masyarakat yaitu PNPM Mandiri. 3) Pemberdayaan pelaku usaha mikro dan kecil yaitu KUR dan 4) Program pro rakyat lainnya

Pada hari Rabu (24/10) bertempat di aula Bappeda Kota Jambi diselenggarakan Rapat Kerja Teknis Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kota Jambi dengan sasran penguatan Kelembagaan guna peningkatan kapasitas TKPK sehingga, dapat berperan aktif dalam mengkoordinasikan pelaksanaan Program Penanggulangan Kemiskinan di Kota Jambi.

Rapat teknis tersebut dibuka langsung oleh Walikota Jambi dr.HR.Bambang Priyanto yang dalam pengarahannya mengharapkan TKPK Kota Jambi dapat menjadi leader terhadap terlaksananya program dimaksud, mulai dari melakukan identifikassi kondisi terkini kemiskinan, lalu melakukan analisa sampai menghasilkan rumusan kebijakan program penanggulangan kemiskinan sebagai indikator yang akan dimasukkan dalam penyusunan RPJM Kota Jambi.

Sebagai pemateri dan nara sumber pada rapat teknis tersebut dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) selaku Sekretariat Eksekutif Seswapres Deputi Bidang Kesra.(dyt)***.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar