Selasa, 27 Agustus 2013

Walikota Hadiri Hari Anak dan Keluarga Nasional

Bertempat di Lapangan Kantor Walikota Jambi, Rabu (28/08), berlangsung Acara Hari Anak Nasional (HAN) dan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) XX tingkat Kota Jambi yang diprakarsai oleh Badan PPKB Kota Jambi. Hadir dalam acara tersebut Walikota Jambi dr. H R Bambang Priyanto, Wakil Walikota Jambi M. Sum Indra, Sekretaris Daerah Kota Jambi Ir. H Daru Pratomo, Ketua TP PKK Kota Jambi Ibu Roro Endah Nirwani, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, Perwakilan Ketua DPRD Kota Jambi, unsur Forkompinda Kota Jambi serta Staf Ahli, Asisten, Kepala SKPD dan Camat beserta Lurah Lingkup Pemerintah Kota Jambi.

Pada tahun 2013 ini adapun untuk Hari Anak Nasional (HAN) mengusung tema "Indonesia yang Ramah dan Peduli Anak di mulai dai Pengasuhan dan Keluarga", sedangkan untuk Hari Keluarga Nasional mengusung tema "Melalui Hari Keluarga Kita Bangkitkan Keluarga Indonesia Mewujudkan Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera" dengan motto "Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera, Keluarga Harapan Bangsa". sedangkan tujuan dari dilaksanakan acara ini untuk meningkatkan komitmen positif eksekutif, legislatif dan yudikatif baik ditingkat pusat maupun daerah untuk mendukung pelaksanaan pembangunan khususnya pembangunan akan pelaksanaan di bidang kependudukan dan keluarga berencana, untuk mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera berkualitas.


Dalam laporannya, Kepala Badan PPKB Kota Jambi H.M. Rasid Rido S, SH,M.Kes dalam rangka untuk memeriahkan Hari Anak dan Hari Keluarga Nasional XX tahun 2013 ini telah dilaksanakan berbagai penilaian dan lomba seperti penilaian Keluarga Harmonis dimana sebagai Teladan I diraih keluarga Bapak Asikin dan Ibu Musriwati dari Kecamatan Jelutung Jambi, untuk kelompok UPPKS terbaik I diraih Kelompok Melati Mandiri dari Kecamatan Jambi Selatan, kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) teladan I diraih kelompok BKB Asoka Kecamatan Pelayangan, kelompok bina remaja (BKR) teladan I diraih kelompok BKR Ceria Kecamatan Pelayangan, kelompok bina keluarga lansia (BKL) teladan I diraih kelompok BKL Cempaka Kecamatan Pelayangan.

Untuk Pusat Informasi Konseling dan Kesehatan Reproduksi Remaja Tahap tegar juara I diraih PIK Mahasiswa GAPU, sedangkan PIK KRR tahap tegak juara I diraih PIK Mahasiswa Akper STIKBA. Penerima KB Lestari 5 tahun yakni Ibu Erwati dari Kecamatan Jelutung, KB Lestari 10 tahun diraih Ana Lestari dari Kecamatan Pelayangan, KB Lestari 15 tahun diraih Hendro susilo dari Kecamatan Jelutung. Pada kegiatan Lomba Lukis untuk tingkat SD juara I diraih oleh Gracella Particia dari SD Xaverius I Kota Jambi dan untuk tingkat SMP juara I diraih oleh Andi Nurul Z. Hafirah dari SMP Negeri 7 Kota Jambi.

Sedangkan pada hari puncak kegiatan tersebut, berlangsung devile yang diikuti anak - anak siswa/i dari PAUD, SDN dan SMPN se Kota Jambi, Road show kendaraan KB keliling Kota Jambi, Pelayanan KB gratis dan pameran produk UPPKS.

Walikota Jambi dalam sambutannya mengenai Hari Anak Nasional (HAN) menghimbau bahwa anak merupakan titipan Allah Swt yang harus di jaga dan di didik serta asuh dengan kebaikan dan hal itu merupakan tanggung jawab penuh orang tua untuk melaksanakan amanah mulia tersebut. Kualitas kesehatan lahir bathin anak berikut tugas membesar dan mendidik anak untuk menuju insan intelektual yang berkeimanan dan bertaqwa kepada Allah Swt merupakan tanggung jawab penuh orang tua yang tak bisa diabaikan. Sementara itu kondisi kehidupan yang baik bagi putera putri sangat dipengaruhi oleh wawasan dan pengetahuan orang tua dalam membina peri kehidupan keluarganya.

Walikota Jambi dr. H R Bambang Priyanto menyatakan sangat prihatin dengan angka kasus KDRT yang terjadi, dimana hingga pertengahan tahun 2013 ini telah tercatat sebanyak 919 kasus KDRT yang terjadi. Walikota pun menambahkan bahwa Disinilah perlunya setiap keluarga untuk mau mendapatkan penyuluhan dan pembinaan agar dapat mewujudkan sebuah keluarga kecil, bahagia, sehat, mandiri dan sejahtera. Karena dengan adanya perencanaan yang baik dalam penataan sebuah keluarga maka pembentukan kepribadian anggota keluarga terutama untuk anak - anaknya akan semakin baik dan terarah kepada pribadi yang berbudi pekerti, santun, berahlak dan bermoral.(wsl)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar