Selasa, 10 September 2013

Walikota Buka Kegiatan Uji Emisi Kendaraan Bermotor

Walikota Jambi dr. H. R Bambang Priyanto membuka secara resmi kegiatan uji emisi kendaraan bermotor, bertempat di depan WTC Batanghari Jambi, Selasa (10/09). Kegiatan yang diprakarsai oleh Badan Lingkungan Hidup ( BLH ) Kota Jambi ini di hadiri oleh para pejabat dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Jambi serta para masyarakat umum lainnya.
Dalam laporannya, M. Ichsan Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Jambi menyampaikan uji emisi kendaraan tersebut akan dilakukan selama tiga hari berturut - turut, dan akan dilakukan pada tiga lokasi berbeda yakni hari pertama di depan WTC Batanghari Jambi, hari kedua akan dilakukan di depan Dinas Damkar sedangkan pada hari terakhir akan dilaksanakan di depan GOR Kota Baru Jambi. Adapun target dalam pelaksanaannya adalah 1.500 kendaraan selama tiga hari tersebut.

Walikota Jambi dalam sambutannya menyampaikan Peningkatan pertumbuhan ekonomi Kota Jambi beberapa tahun terakhir memberikan dampak positif bagi perkembangan kualitas kehidupan masyarakat. Di sisi lain, pertumbuhan ekonomi ini juga mendorong perubahan gaya hidup penduduk perkotaan akibat kenaikan pendapatan.


Jika dilihat dari jumlah kendaraan yang ada di Kota Jambi tahun 2011 yaitu 391.376 kendaraan dengan panjang jalan 506.670 km, bisa dikatakan bahwa jalan - jalan yang ada telah mulai dipenuhi oleh kendaraan, baik kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Kemacetan lalu lintas di Kota Jambi, akhir - akhir ini telah menjadi pemandangan yang biasa bagi masyarakat. Penyebabnya antara lain akibat tingginya pertumbuhan kendaraan dibanding pertumbuhan jalan. Akibat dari kemacetan tersebut secara otomatis akan meningkatkan pencemaran udara di Kota Jambi.

Walikota melanjutkan, untuk mengantisipasi permasalahan diatas maka perlu dalam hal berkendaraan agar tetap menjaga dan memelihara kelestarian dan kualitas lingkungan hidup. Kegiatan seperti uji emisi kendaraan bermotor ini akan sia - sia tanpa keterlibatan semua pihak. Tidak terbatas hanya pada kegiatan uji emisi ini saja, kita semua dapat berbuat sesuai dengan proporsi kita, mulai dari sekarang dengan rutin secara berkala melakukan perawatan terhadap kendaraan yang kita miliki dengan menerapkan "eco-driving" yaitu bagaimana berkendara sesuai dengan prinsip ramah lingkungan. "Dengan eco-driving, kita dapat menghemat BBM, mengurangi emisi gas buang dan polusi suara", pungkas Walikota Jambi.(wsl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar