Selasa, 07 Januari 2014

Upacara Peringatan HUT Prov. Jambi di Lingkup Pemkot Jambi

 
Wakil Walikota Jambi Drs.H.Abdullah Sani,M.Pd.I, bertindak sebagai Pemimpin Upacara dalam Upacara memperingati HUT Provinsi Jambi ke 57 di Lapangan Kantor Walikota Jambi, Senin (06/01), hadir dalam upacara tersebut Sekretaris Daerah Kota Jambi Ir. H. Daru Pratomo, perwakilan DPRD Kota Jambi, Forkompinda Kota Jambi dan seluruh pejabat di lingkup Pemerintah Kota Jambi.

Dalam sambutan Gubernur Jambi yang dibacakan oleh Wakil Walikota Jambi, ditekankan tentang empat hal penting yang perlu diperhatikan pertama, pentingnya pembangunan konektivitas infrastruktur, dalam menjaga momentum pertumbuhan ekonomi daerah, kedua, pentingnya mengefektifkan program Satu Milyar Satu Kecamatan (Samisake), ketiga, membangun suasana kondusif dan keempat mensukseskan penyelenggaraan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.

Hal pertama tentang pentingnya pembangunan konektifitas infrastruktur  Gubernur menjelaskan bahwa Provinsi Jambi memiliki keunggulan posisi geo-strategis. Keunggulan tersebut, harus kita manfaatkan secara maksimal, dengan membangun berbagai infrastruktur penunjang seperti jalan, pelabuhan dan kawasan ekonomi yang terintegritas. “Pembangunan jalan dan pelabuhan serta kawasan tersebut, akan dapat meningkatkan daya saing daerah, dan meningkatkan nilai tambah komoditi pertanian kita secara umum serta mendorong industrialisasi dan hilirisasi. Dengan demikian, ekonomi Jambi akan semakin efisien, semakin berdaya saing dan semakin merata di seluruh pelosok Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah” ungkap Gubernur.

Sedangkan untuk program Samisake Gubernur menekankan pentingnya mengefektifkan pelaksanaan program satu milyar satu kecamatan, karena program ini pada prinsipnya untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat kita yang masih terbatas kemampuannya, yang berada di 138 Kecamatan.

Program Samisake merupakan program yang berbasis dari akar permasalahan di masyarakat, untuk itu, program Samisake ini, harus mendapat penguatan dan perhatian yang sungguh-sungguh dari kita semua, baik dalam hal peningkatan sinergitas program, maupun hal koordinasi, dan pengawasan aparat di lapangan, demi terwujudnya percepatan kesejahteraan masyarakat di pedesaan . Pada tahun 2014, Pemerintah Provinsi Jambi menugaskan 138 Sarjana Penggeraj Pembangunan Pendesaan, yang bertugas satu orang setiap kecamatan, untuk melakukan pengawalan terhadap pelaksanaan Progran Samisake di lapangan” ujarnya.

Hal ketiga yang ditekankan Gubernur adalah pentingya menjaga suasana kondusif dalam membangun Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah.”Kita tidak membangun hanya untuk satu kelompok atau golongan. Kita membangun untuk semua, dengan kebersamaan, suasana kondusif merupakan syarat mutlak untuk mengimplementasikan berbagai kebijakan pembangunan. Investor akan lebih banyak lagi menginvestasikan modalnya, dengan suasana yang aman dan damai “katanya.

Dikatakan Gubernur bahwa saat ini ada beberapa konflik yang belum dapat diselesaikan sampai saat ini. Dimana pada prinsipnya Pemerintah Provinsi Jambi, terus mendorong upaya-upaya penyelesaian konflik tersebut, dan melakukan mediasi untuk percepatan penyelesaiannya. Di satu sisi, upaya yang dilakukan ini, telah menunjukkan hasil, namun di sisi lain masih ada yang belum berhasil kita upayakan, mengingat keterbatasan kewenangan yang dimiliki Pemerintah Provinsi Jambi “ ucapnya.

Selanjutnya hal keempat yang disampaikan Gubernur adalah pentingnya mensukseskan penyelenggaraan Pemilu  Legislatif dan Pemilu Presiden. Sebagai warga Negara yang baik, sebagai bagian dari NKRI wajib ikut mensukseskan agenda Demokrasi ini. “Karena upaya untuk meningkatkan kualitas demokrasi di daerah dan bangsa ini, merupakan agenda kita bersama, dan untuk meningkatkan kualitas demokrasi ini, maka setiap partai politik peserta pemilu harus mampu memberikan pemahaman yang benar kepada masyarakat akan arti demokrasi. Setiap wakil Rakyat, harus menjaga kepercayaan yang diberikan para pemilihnya, dan menjalankan amanah yang telah diberikan dengan sebaik-baiknya. (wsl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar