Rabu, 26 Juni 2013

Peringatan Hari Anti Narkotika di Pemkot Jambi

Bertempat di Lapangan Kantor Walikota Jambi, Rabu (25/06), berlangsung kegiatan Pementasan Seni Budaya di Lingkungan Masyarakat sekaligus memperingati Hari Anti Narkotika Internasional tahun 2013. Kegiatan yang diprakarsai oleh Badan Narkotika Nasional Kota Jambi tersebut dihadiri langsung oleh Walikota Jambi dr. H R Bambang Priyanto beserta para Calon - calon Walikota dan Wakil Walikota lainnya, Sekretaris Daerah Kota Jambi Ir. H. Daru Pratomo, Forkompinda, Ketua DPRD Kota Jambi, para pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Jambi serta para praktisi dan pelajar di Kota Jambi.
Menurut Ketua Panitia kegiatan ini, Latifah, S.Sos.I adapun maksud dan tujuan dari dilaksanakan kegiatan ini adalah sebagai wujud rasa syukur dan terima kasih dari BNN Kota Jambi terhadap komponen masyarakat dan stake holder di Kota Jambi atas berdirinya BNN Kota Jambi dan mendukung kegiatan rencana aksi pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika di Kota Jambi 2011 - 2015 dalam rangka mewujudkan visi Kota Jambi BERNAS 2013 dan Jambi EMAS 2015 yang bebas penyalahgunaan narkotika. Selain itu, juga sebagai wahana mengapresiasikan seni budaya dari berbagai elemen masyarakat Kota Jambi yang multi etnis sebagai khazanah dalam pembangunan Kota Jambi.

Adapun kegiatan - kegiatan yang dilakukan pada kegiatan yang pada tahun 2013 ini mengambil tema "Aksi Global Untuk Mewujudkan Masyarakat Sehat Tanpa Narkotika" yakni, pentas seni budaya dan donor darah.


Dalam sambutannya, Kepala Badan Narkotika Nasional Kota Jambi AKBP. Tri Setiyadi, SE.SH menyampaikan di Kota Jambi terhitung bulan Agustus 2012 sampai dengan Mei 2013, data pengguna Narkotika di lingkungan sekolah menengah berjumlah 6 orang, di lingkungan Pemerintah berjumlah 13 orang, di lingkungan swasta 1 orang. Dan yang lebih ironis lagi data sampai bulan Februari 2013 yang terinfeksi virus HIV/AIDS di Provinsi Jambi mencapai 842 orang.

Maka itu, BNN Kota Jambi melakukan berbagai usaha dalam memerangi Narkotika khususnya di Kota Jambi, dengan berbagai program yang telah dilaksanakan, yakni penyuluhan dan sosialisasi narkotika dilingkungan sekolah, kampus, pemerintah serta swasta, lalu dengan melakukan tes urine dilingkungan sekolah, kampus, pemerintah serta swasta, kemudian melakukan pentas seni dan budaya P4GN, pendampingan penyalahguna/pecandu ke tempat rehabilitasi dan juga melakukan diseminasi melalui media cetak dan elektronik.
 
Sekretaris Daerah Kota Jambi Ir. H Daru Pratomo yang mewakili Walikota Jambi, dalam sambutannya menegaskan bahwa kejahatan narkoba merupakan kejahatan terorganisir dan terstruktur serta tidak memandang usia, jenis kelamin, status sosial, agama maupun tingkat pendidikan seseorang. Narkoba merupakan induk dari semua kejahatan, karena demi narkoba seseorang mampu berbuat hal yang bertentangan dengan nurani, kaidah agama dan kaidah moral.

Oleh karena itu, Ir. H Daru Pratomo menyerukan, dalam rangka pementasan seni budaya di lingkungan masyarakat sekaligus memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2013 ini marilah kita membuat komitmen bersama untuk memerangi kejahatan penyalahgunaan narkotika di Kota Jambi. Dengan mengetahui secara jelas apa itu narkoba dan bahayanya, dapat membentengi diri kita sehingga terhindar dan tidak terjerumus dalam dunia gelap dan kejamnya narkoba, yang pada akhirnya hanya akan membawa kehancuran lahir dan bathin. (wsl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar