Senin, 20 Mei 2013

Pencanangan Pasar Aman Dari Bahan Berbahaya

 Walikota Jambi dr. HR Bambang Priyanto menghadiri sekaligus membuka acara pencanangan pasar aman dari bahan berbahaya Kota Jambi, yang berlangsung di Dinas Pasar Kota Jambi, Jumat (17/05). Hadir dalam acara tersebut Ketua TP PKK Kota Jambi Ibu Roro Endah Nirwani, Kepala Balai POM Jambi Drs. Irwansyah, Apt, MM, Staf Ahli Walikota Jambi, Kepala Dinas Pasar Kota Jambi Duria Sunita, serta para Kepala SKPD se Kota Jambi.
 
Dalam laporan Kepala Balai POM Jambi disampikan bahwa hasil pengawasan Badan POM RI, ternyata penyalahgunaan pemakaian (misuses) bahan berbahaya dalam pangan masih terus ditemukan. Akses yang mudah untuk memperoleh bahan berbahaya tersebut merupakan faktor utama penyebab pelaku usaha pangan yang tidak bertanggung jawab masih menggunakan bahan berbahaya dalam pangan. Pasar tradisional diketahui menjadi tempat peredaran bahan berbahaya secara bebas dan terbuka.

Sehubungan dengan hal tersebut, Badan POM menginisiasi program keamanan pangan untuk pasar, yaitu : Pasar Aman dari Bahan Berbahaya melalui pemberdayaan komunitas pasar yang melibatkan peran serta aktif dari lintas sektor terkait dan Pemda setempat. Program ini sekaligus juga merupakan bagian dari program Pasar Sehat yang telah diinisiasi oleh Kementerian Kesehatan, dengan demikian diharapkan ke dua program terkait dapat bersinergi.

 
Walikota Jambi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang sangat besar terhadap Badan POM Jambi yang menyelenggarakan kegiatan ini, dikarenakan memang sudah saatnyalah para konsumen mendapatkan pelayanan seperti ini untuk menghindari bahaya - bahaya yang dapat memberikan kerugian yang fatal. Dengan adanya kegiatan ini akan meningkatkan kesadaran para pedagang dan kepedulian mereka terhadap apa yang mereka jual, sehingga dapat meningkatkan kesehatan kita semua yang serta merta apabila kita sehat, maka kita juga dapat memberikan konstribusi yang positif baik untuk diri sendiri maupun pembangunan Kota Jambi, yang pada akhirnya dapat membantu terwujudnya Visi Kota Jambi BERNAS 2013.(wsl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar