Kamis, 25 April 2013

Walikota Hadiri Pertemuan Kader IMP dan PKB

 Walikota Jambi dr. HR Bambang Priyanto menghadiri acara pertemuan Kader Institusi Masyarakat Perkotaan dan Petugas KB (PKB) serta penyerahan kader dan PKB, bertempat di Rumah Dinas Walikota Jambi, Kamis (25/04). Tampak hadir dalam acara tersebut Ketua TP PKK Kota Jambi Ibu Roro Endah Nirwani, Sekretaris Daerah Kota Jambi Ir. H Daru Pratomo, Staf Ahli, Asisten, Kepala SKPD, Badan, Kantor, Bagian, Camat se Kota Jambi serta para Kader yang terdiri sekitar 850 kader.

Dalam Laporan Ketua Panitia yang juga merupakan Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan & Keluarga Berencana Kota Jambi H.M. Rasid Ridho, SH, M.Kes menyampaikan yang melatar belakangi dilangsungkannya kegiatan ini karena keberhasilan program kependudukan dan Keluarga Berencana (KKB) yang ditandai dengan laju pertumbuhan penduduk Kota Jambi yang pada tahun 2012 adalah sebesar 2,45 dan ini lebih rendah dari angka LPP Provinsi Jambi sebesar 2,55.
 
 
Ditambahkan lagi, Laju pertumbuhan penduduk ini menunjukan kepedulian dan peran serta masyarakat dalam mengelola program kependudukan yang dilakukan oleh kader Institusi Masyarakat Perkotaan (IMP) dan Petugas KB Kota Jambi. Dan pertemuan ini merupakan salah satu bentuk dari upaya melaksanakan Instruksi Presiden Nomor 3 tahun 2010, yaitu menyebarkan informasi, memadukan sasaran dan mendukung partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan program pembangunan yang berkeadilan.
 
Ketua TP PKK Kota Jambi Ibu Roro Endah Nirwani dalam sambutannya memberikan apresiasi yang positif terhadap angka laju pertumbuhan penduduk Kota Jambi yang mencapai 2,45 per 1000 kelahiran hidup pada tahun 2012, hal ini perlu mendapat perhatian semua pihak karena Kota Jambi sebagai Pusat Pemerintahan dan Ekonomi menjadikan mobilitas penduduk yang cukup tinggi.Bisa saja dengan kelengahan dan keteledoran dalam memberikan pelayanan KB di khawatirkan laju pertumbuhan penduduk Kota Jambi akan semakin meningkat.

 
Sedangkan Walikota Jambi menyampaikan, bahwa kader IMP dan Petugas KB merupakan petugas lini lapangan yang dapat memberikan pemahaman tentang kependudukan khususnya kegiatan perlindungan perempuan dan anak serta program KB di Kota Jambi. Oleh karena itu dipandang perlu melakukan upaya yang dapat memberikan semangat baru yang bersifat inovatif bagi kader dan petugas KB yang pada gilirannya akan menimbulkan kesadaran untuk mampu melaksanakan kegiatan secara baik, benar dan kontinyu.

Dan salah satu bentuk motivasi tersebut, Walikota Jambi atas nama Pemerintah Kota Jambi memberikan seragam yang sama kepada 745 orang Kader Institusi Masyarakat Perkotaan dan 47 orang petugas Keluarga Berencana. Selain itu, Walikota Jambi secara pribadi dan atas nama Pemerintah meyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi - tingginya kepada para kader IMP yaitu PKBD, sub PPKBD, PLKB di Kota Jambi atas kiprah dan kerja kerasnya.(wsl)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar