Sabtu, 27 April 2013

Peringatan BBGRM,HKG PKK dan Hari Kartini Kota Jambi

Bertempat di Rumah Dinas Walikota Jambi, Sabtu (27/4), berlangsung kegiatan Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong (BBGRM) X, Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) ke 41 serta hari Kartini ke 134 tingkat Kota Jambi. Acara tersebut dihadiri langsung oleh Walikota Jambi dr. HR Bambang Priyanto, Sekretaris Daerah Kota Jambi Ir. H Daru Pratomo, Ketua tp pkk kota Jambi Ibu Roro Endah Nirwani, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Jambi Ibu. Hj Nuraini Daru, Fokompinda Kota Jambi, Ketua TP PKK Tingkat Kecamatan Kota Jambi beserta segenap pengurusnya, Staf Ahli, Asisten, Kepala SKPD, Badan, Kantor, Bagian, Camat serta Lurah se Kota Jambi dan pimpinan organisasi perempuan yang ada di Kota Jambi.
 
Dalam Laporannya, Ketua Panitia Ibu Hj. Nuraini Daru disampaikan, bahwa jumlah peserta pada peringatan BBGRM, HKG PKK dan Hari Kartini dihadiri kurang lebih 1.100 undangan. dimana tema yang diambil untuk peringatan BBGRM ke 10 Kota Jambi, mengacu pada tema BBGRM Provinsi Jambi yakni, "Bangkitlah Semangat Gotong Royong Melalui Gerakan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Menuju Kota Jambi BERNAS 2013 dan Jambi EMAS 2015", sedangkan tema HKG PKK ke 41 mengacu pada tema nasional, yaitu "Dengan Semangat Hari Kesatuan Gerak PKK Ke 41, Mari Kita Wujudkan Keluarga yang Mandiri dan Kesejahteraan melalui HKG PKK".

Walikota Jambi dalam sambutannya menjelaskan bahwa penyelenggaraan BBGRM ini merupakan amanat dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 42 tahun 2005 tentang pedoman penyelenggaraan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat, BBGRM ini adalah kegiatan gotong royong masyarakat dalam satu bulan penuh yang merupakan akumulasi kegiatan gotong royong selama sebelas bulan.

 
Secara Nasional peringatan BBGRM diintegrasikan dengan peringatan HKG PKK, hal ini dimaksud dalam rangka penguatan integritas sosial untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa dan memperkuat NKRI, semngat gotong royong dan keswadayaan.

Walikota menambahkan, gotong royong yang dimaksud dalam BBGRM ini yaitu gotong royong dibidang kemasyarakatan, bidang ekonomi, bidang sosial budaya dan agama, serta bidang lingkungan. Untuk itu peringatan yang terintegrasi seperti saat ini tidak sekedar untuk kemeriahan sesaat, tetapi lebih memberikan makna dan ungkapan rasa syukur atas kiprah dan karya nyata Gerakan PKK.

Dalam memaknai Hari Kartini, Walikota Jambi menghimbau untuk membangun kecerdasan pada diri kita sendiri, wanita maupun pria. Cerdas yang dimaksud yakni, cerdas dalam belajar agar terbebas dari kebodohan, cerdas dalam bekerja agar terbebas dari kemiskinan, cerdas dalam beribadah agar terbebas dari kesesatan, cerdas dalam bergaul agar terbebas dari keterkungkungan dan cerdas dalam hidup agar berguna di dunia dan akhirat."Hari Kartini adalah momentum untuk menjadikan diri kita hari ini dan esok lebih cerah dari hari sebelumnya", ujar Walikota Jambi.

Sedangkan Ketua TP PKK Kota Jambi Ibu Roro Endah Nirwani, dalam sambutannya menyampaikan bahwa selama 41 tahun pelaksanaan gerakan PKK dalam mendukung proses pembangunan bangsa, ternyata telah menunjukan keberhasilan yang mendapat pengakuan dan penghargaan dari lembaga - lembaga nasional maupun internasional.

 
Hal tersebut tentunya mengandung makna bahwa eksistensi Gerakan PKK telah diakui secara meluas, sebagai gerakan dari dan oleh masyarakat, merupakan mitra kerja pemerintah dalam melaksanakan program - program pembangunan.

Ibu Roro Endah Nirwani pada kesempatan tersebut tidak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran Tim Penggerak PKK dan para Kadernya yang telah bersusah payah bekerja, demi peningkatan kualitas bangsa melalui upaya - upaya yang diarahkan dalam memberdayakan dan mensejahterakan keluarga."Harapan saya, pengakuan dan penghargaan yang telah kita terima, tidak membuat kita lupa diri, namun sebaliknya agar dijadikan faktor pendorong untuk lebih meningkatkan kualitas peran dan tanggung jawab kita, meraih prestasi yang lebih baik",pungkas Ibu Roro Endah Nirwani.

 
Pada kegiatan ini juga diserahkan hadiah berupa piagam penghargaan, tropi dan uang pembinaan untuk perlombaan dalam tingkat Kecamatan dan Kelurahan se Kota Jambi, yakni untuk pemenang lomba tertib administrasi PKK juara pertama diraih oleh Kelurahan Budiman, untuk pemenang lomba pencegahan KDRT juara pertama diraih oleh Kelurahan Kasang Jaya, untuk pemenang Lomba Kelompok Dasa Wisma juara pertama diraih oleh Kelurahan Lebak Bandung, Untuk Lomba UP2K juara pertama diraih oleh Kelurahan Rajawali, pemenang lomba pemanfaatan perkarangan juara pertama diraih oleh Kelurahan Bagan Pete dan yang terakhir untuk pemanfaatan TOGA juara pertama diraih oleh Kelurahan Kenali Asam Bawah.(wsl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar